Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphonemu – Nasi Padang yang MenDunia

Terlahir dari keluarga yang kental asal negeri Minang Kabau Sumatra Barat, membuat lidahku sangat dekat dengan yang namanya Nasi Padang. Bisa dikatakan Nasi Padang itu adalah makanan ter enak diDunia. Sebuah piring yang diisi dengan sebongkah nasi putih ditambah kuah gulai yang pekat, lado hijau asli Minang  dan beberapa lauk pauk balado asal Negeri Minang Kabau.

Foto ini aku Jepret menggunakan Smartphone ASUS Zenfone 3 Laser, dengan Laser auto-fokus super cepat 0.03 detik, PixelMaster 3.0

Jangankan orang asli Indonesia atau asli Minang Kabau, Warga Negara Asing pun kalau berlibur ke Indonesia, pasti salah satu makanan wajibnya adalah Nasi Padang. Dijamin deh gak bakal ada yang nolak kalau disuguhin Nasi Padang.. “kecuali kalau orangnya menderita kolesterol yaaaa” mau gak mau harus nolak tuh sama yang namanya Nasi Padang.

Nasi Padang itu gak luput dari yang namanya santan, cabe merah, bumbu dapur lengkap dan minyak. Jadi bagi yang menderita penyakit tertentu harus super membatasi makan Nasi Padang.

Oh iya, udah pada tau belum kalau ada seorang WNA yang sangat sangat menyukai Nasi Padang? Saking sukanya, WNA tersebut sampai bikin video klip tentang Nasi Padang. Isu nya beliau itu memang seorang artis di Negaranya. Intip video klipnya yuk disini 

https://youtu.be/McEdn-gf9gs

Sekarang kita bahas satu persatu masakan Minang Kabau yang mendunia. Udah pasti gak ada yang gak kenal sama yang namanya RENDANG. Rendang ini dinobatkan sebagai masakan Indonesia yang sangat populer dan disukai semua  orang di Dunia, dan itu sudah diakui Dunia loh bahwa Rendang adalah salah satu ikon masakan Indonesia.

Rendang biasanya terdiri dari bahan utama Daging Sapi. Sebenarnya masih banyak pilihan masakan rendang, ada rendang daging, rendang ayam, rendang telor, rendang paru, rendang ikan, rendang nangka dan rendang-rendang lainnya. Tapi yang paling dikenal orang adalah Rendang Daging Sapi.

Proses pembuatan rendang sangatlah rumit, butuh bumbu dapur yang super lengkap, santan kelapa yang pekat dan yang pasti waktu memasak yang cukup lama. 1kg daging sapi memerlukan santan dari 5buah kelapa tua. Biasanya proses memasak rendang bisa memakan waktu 6-8 jam. Wah kebayang donk pegalnya tangan harus ngaduk santan di atas kuali selama 6-8 jam. Jadi wajar lah ya harga rendang itu mahal, sekilo biasanya dibandrol dengan harga Rp.300.000 .

Selain rendang, yang berasal dari olahan daging sapi adalah DENDENG BALADO. Dendeng Balado itu berupa daging sapi yang diiris tipis-tipis lalu direbus dengan bumbu, dipipihkan dengan batu giling,  digoreng dan diberi cabai merah yang sudah dihaluskan. Tapi tidak semua rumah makan Padang menyediakan menu ini. Hal itu karena mahalnya modal yang dibutuhkan untuk pembuatan Dendeng Balado. Jadi hanya sebagian rumah makan Padang aja yang ada menu Dendeng Baladonya, biasa sih disediain dirumah makan yang cukup besar.

Masih dimasakan yang balado. Yaa namanya masakan Padang, gak jauh-jauh dari balado. Sekarang kita bahas AYAM BALADO. Sebenarnya bikin ayam balado itu gak susah, cukup bumbuin ayam lalu digoreng dan di campur dengan cabai merah yang sudah digiling halus, tapi jangan lupa yaa bawang merah dan tomatnya.

Mau tau gak cara bikin balado yang enak dan bikin nagih. Aku bocorin disini. Apapun lauknya yang penting sambelnya itu yang harus enak. Catet ya proses pembuatan balado ala Cheff Novia.

  • Cabe merah keriting digiling cukup halus. (nah kalau orang Minang, gilingnya wajib pakai batu cobek yang besar)
  • Bawang merah diiris halus
  • Bawang bombay diiris halus
  • Tomat segar diiris halus

Biasanya untuk satu porsi balado, cabai keritingnya +-15 / 20 buah, bawang bombay yang dipakai cukup satu siung ukuran sedang. Sedangkan bawang merahnya +-10 siung. Tomat segarnya satu buah ukuran besar.

Caranya : Panaskan minyak goreng diwajan, lalu masukkan bawang merah yang sudah diiris, diaduk sampai agak layu kemudian masukkan bawang bombay. Terus diaduk sampai setengah matang masukkan tomat iris. Setelah tomat dan bawangnya matang, masukkan cabai giling, tambahkan perasan jeruk nipis +- 1 iris, gula pasir seujung sendok teh dan jangan lupa rasakan garamnya. Setelah matang campurkan dengan lauk sesuai selera. Selamat Mencoba…

Next, kita kembali ke pokok pembahasan masakan nusantara kita yang berasal dari Minang Kabau. Orang minang itu biasanya suka sama yang namanya JENGKOL alias JARIANG. Aku juga sebenarnya suka. Tapi gak tau kenapa setiap makan jengkol, perutku berasa perih dan melilit. Jadi gak berani makan lagi. Tapi tetap kita bahas ya. Masakan jengkol asal Minang Kabau biasanya berupa JARIANG BATOKOK dan GULAI JARIANG. Jariang itu adalah bahasa Minangnya dari Jengkol. Jadi artinya Jengkol batokok dan gulai jengkol.

Ngomongin soal gulai. Nasi Padang itu pasti selalu ada GULAI NANGKA. Kuah gulai yang kental dan yang pasti nikmat dicampur dengan buah nangka muda yang lembut, nikmat banget dimakan dengan Nasi Padang.

Satu lagi menu wajib yang ada di Nasi Padang, yaitu LADO HIJAU atau kadang disebut dengan Lado Mudo. Gak lengkap rasanya kalau Nasi Padang gak pakai Lado Hijau. Terkadang lado hijau itu ada yang memang cuma Cabai hijau muda dengan bawang merah dan tomat, tapi ada juga yang dicampur dengan petai atau bahkan ikan teri. Apapun temannya si Lado Hijau rasanya tetap Juara..

Nah itu biasanya isi wajib dari Nasi Padang yang rasanya men Dunia.

Ngomongin soal Rendang dan Dendeng Balado ada hubungannya loh sama Raja Salman bin Abdul Aziz. Kunjungan Raja Arab ke Indonesia yang sempat disuguhi makan siang di Istana Kepresidenan Bogor, salah satu menunya adalah Rendang dan Dendeng Balado. Gak salah khan kalau aku bilang Nasi Padang dan Masakan Padang itu memang mendunia. Dari ujung Timur sampai ke ujung Barat semuanya suka Nasi Padang.

Dan biasanya dimanapun kita tinggal, pasti pernah kangen sama yang namanya Nasi Padang. Dulu aku pernah tinggal di Papua. Disana ada Nasi Padang, tapi harganya cukup mahal, seporsi aku makan biasanya membayar dengan harga Rp. 45.000 . Nah kalau di pulau Jawa, seharga Rp. 45.000 itu kita bisa dapat 4-5 porsi Nasi Padang. Jauh banget ya bedanya. Untung aku bisa masak menu Nasi Padang. Jadi gak perlu sering-sering pergi ke Restaurant untuk makan nasi Padang.

Oh iya, kalau ada yang mau resep Dendeng Balado ala Cheff Novia. Bisa buka di blogku yang sama, silahkan dicatat dan dipraktekkan. Nanti jangan lupa reviewnya ya.. Aku tunggu loh…

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh GandjelRel http://www.gandjelrel.com/

Dan blog ini aku susun mulai dari kata dan foto-fotonya menggunakan Smartphone ASUS Zenfone 3 Laser. Ini Zenfone 3 keluaran terbaru,spesifikasinya aku jelasin ya

  •  Desain layar depannya dilindungi 2.5D Arc Corning Gorilla Glass dengan ketipisan 7.9mm, jadi super jernih dan gak usah takut gores.
  • Layarnya 5.-inci, besar khan jadi puas kalau mau ngeblog di smartphone ini.
  • Kamera depannya 8 Megapixel  Kamera PixelMaster.
  • Kamera belakang PixelMaster 3.0 , 13 Megapixel (Sony IMX214 sensor), diafragma besar f/2.0
  • Memorinya Up to 4GB RAM / Up to 32GB ROM , jadi gak bakal lemot smartphonenya walaupun dipakai nge blog atau nge vlog sering-sering.
  • Wireless 4G+2G Dual SIM Support. LTE Cat4 150/50 Mbps (download/upload)
  • OS nya menggunakan seri tertinggi yaitu Android 6.0 (Marshmallow) dengan ZenUI 3.0 tampilan dan fitur baru
  • Harga sangat terjangkau dengan spesifikasi yang se keren ini. Cuma seharga Rp. 3.399.000

 Jadi jangan ragu buat ganti smartphone kamu dengan ASUS Zenfone. Atau kamu bisa dapetin SmartPhone ASUS Zenfone dengan mengikuti lomba blog Jepret Kuliner Nusantara dengan SmartPhonemu bersama GandjelRel. Ayoo buruan buka linknya: 

 http://www.gandjelrel.com/ 

Dan menangkan hadiahnya..  Sponsor by ASUS loh…  SmartPhone yang benar-benar SMART.  

happy blogging frend..  Love Novia

Iklan

40 thoughts on “Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphonemu – Nasi Padang yang MenDunia

  1. Ihh jgn salah mba, aku pernah shock pas beli nasi padang, di restoran sari ratu di pondok indah mall. Cuma pilih lauk pake paru goreng doang, trs hrgnya 49rb dooong… Omg.. Sejak itu aku males beli di restoran itu :p.

    Lauk padang yg aku suka itu gulai telur ikan. ..uwooo sukaaa bgt itu :p. Ama paru balado.. Trs kuahnya yg banyak.. Tp memang krn umur udh makin gede :p, udh hrs dibatasin sih makan santan2 begini

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s